Pemrograman Berbasis Objek I

Mengenal Bahasa Pemrograman JAVA

1. Sejarah Singkat Pemrograman Java

Bahasa pemrograman Java yang pada awalnya bernama bahasa pemrograman OAK dipelopori oleh James Gosling, Patrick Naughton, Chris Warth, Ed Frank dan Mike Sheridan dari Sun Microsystem, Inc pada tahun 1991, ketika perusahaan tersebut memulai Green Project (proyek penelitian membuat bahasa pemrograman yang dapat berajalan diatas berbagai platform).

Hal ini merupakan sebuah terobosan yang cukup besar sebab sebelumnya aplikasi-aplikasi yang dikembangkan untuk system operasi (dan perangkat keras) tertentu hanya akan bias berjalan dengan baik diatas system operasi tertentu pula. Dengan kata lain, dimasa lalu ,aplikasi yang ditulis diatas sebuah system operasi (misalnya Windows)hampir mustahil bias dijalankan di atas system operasi lain(contoh Unix/Linux).

Upaya yang dilakukan James Gosling dari Sun Microsystem ini cukup berhasil.  Bahasa pemrograman Java saat ini bias digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi desktop (menggunakan JSE[Java Standard Edition]), aplikasi-aplikasi yang berjalan dilingkup enterprise dan internet(JEE[Java Enterprise Edition]), serta aplikasi-aplikasi yang berjalan disarana-sarana komputasi yang terbatas sumberdaya pemrosesan dan terbatas sumber daya penggunaan memorinya(JME[Java Micro Edition]), contohnya telepon seluler,PDA, dan sebagainya.

Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:

  • java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar.
  • java.io: Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas.
  • java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan.
  • java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP.
  • java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
  • java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web

2. Karakteristik Pemrograman Java

Sifat-sifat pemograman java antara lain : berorientasi  objek, terdistribusi, multiplatform, dan multithread.

Java berorientasi Objek

Penulisan program harus dibuat dalam bentuk objek-objek,kemudian memodelkan sifat masing-masing objek dalam program. Java menentukan dan mengatur interaksi antar objek.

Java bersifat terdistribusi

Java dapat digunakan untuk menyebarkan /mendistribusikan data atau informasi dalam workstation client,email server,daabase server, dan webserver(dalam jaringan komputer lokal dan internet).

Java bersifat multiplatform

Program java yang sudah diterjemaahkan /dikompilasi dengan benar dan berhasil dapat dijalankan pada platform yang lain atau pada sistem operasi yang lain.

Java menggunakan prinsip WORA(Write Once and Run Anywhere). Sekali menuliskan program maka hasil programmnya dapat dijalankan pada sistem operasi mana saja.Artinya sekali menulis program dalam bahasa Java dan mengkompilasinya maka program tersebut dapat dijalankan pada berbagai system operasi, seperti DOS, Windows, Linux, MacOS, Solari.

Java Bersifat Multithread

Adalah banyaknya pekerjaan yang dikerjakan dalam satuan waktu yang hampir bersamaan. Sebagai contoh, suatu web server mempunyai ratusan client server—beberapa client yang mengakses web server secara bersamaan. Jika web server tersebut hanya mempunyai satu thread, berartui client yang lain harus menunggu. Oleh karena itu di butuhkan multithread untuk dapat melayani client server.

  • Konsep Pemrograman Berbasis Objek

Pada konsep pemrograman berbasis objek ini, kita akan membahas mengenai objek, Class dan Method. Berikut penjelasan singkat dan padat mengenai ketiga konsep diatas.

1.4.1 Object dan Class

Dalam Pemrograman Berorientasi Objek melihat atau memandang sesuatu berdasarkan objek.

Objek sebenarnya mencerminkan pola kerja manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Pada suatu objek dapat dilihat menjadi 2 (dua) hal, yaitu :

  1. a. Atributte

Atribut merupakan segala sesuatu yang melekat pada Object. Didalam penerapan didalam program, atribut adalah Variabel atau Member.

Misalkan pada Object Burung. Atribut-atribut yang melekat pada burung, misalnya paruh, ekor, sayap, kaki, mata, dan lain-lain.

  1. b. Behaviour

Behaviour merupakan pola tingkah laku atau perilaku yang dimiliki oleh objek. Misalnya pada

objek Burung memiliki perilaku diantaranya terbang, mengepakan sayap, berjalan dan lain-lain.

Didalam penerapan didalam program, Behaviour adalah Method atau Fungsi.

Bentuk penulisan Class, seperti dibawah ini :

[public | private] [abstract] Class Nama_Class

{

… daftar property…

… daftar Method …

}

Bentuk penulisan mendeklarasikan Object, dengan menggunakan new, seperti dibawah ini :

nama_Class nama_objek = new nama_Class();

nama_Class, merupakan nama Class yang akan dijadikan objek.

nama_objek, merupakan nama objek baru.

Contoh pembuatan Class sederhana :

Class burung

{

String jenis, warna;

int usia;

}

Class burung_terbang

{

public static void main(String[] args)

{

//membuat objek

burung burung_elang = new burung();

……

……

}

1.4.2 Method

 Method adalah implementasi operasi yang bisa dilakukan oleh Class dan Object. Operasi-operasi yang dilakukan oleh Methode, diantaranya, yaitu :

  1. Suatu Method bisa menerima dan memanipulasi data atau field didalam diri Method tersebut.
  2. Suatu Method bisa mempengaruhi nilai suatu Object lain.

Berikut bentuk penulisan deklarasi Method:

Tipe_Akses Tipe_Return NamaMethod(Argumen1, Argumen2,…,Argumen-N)

{

… Badan / Tubuh Method ..

}

Berikut penjelasan deklarasi Methode diatas :

  1. Tipe Akses, menyatakan tingkatan akses untuk memproteksi akses terhadap data-data didalam Method, tipe akses ini bersifat opsional.
  2. Tipe Return, menyatakan nilai hasil yang diolah oleh Method akan dikembalkan atau akan mengirimkan kepada objek yang memanggil Method. Bentuk Tipe Return, bisa berupa tipe data primitive yaitu integer, float, double dan lain-lain.

Apabila Method tidak akan mengembalikan nilai kepada objek yang memanggilnya, maka bisa dituliskan didepan nama Method dengan perintah void.